5 Ide Desain Interior Ruang Tamu Sederhana dan Ideal

Meskipun hanya memiliki ukuran luas ruang tamu yang kecil, namun itu bukan berarti Anda tidak bisa menata desain interior secara ideal.

Terkadang sebagian orang masih menganggap jika terlalu memperhatikan desain interior rumah, sama halnya dengan membuang-buang uang saja. Padahal desain interior tidak harus mewah. Cukup gunakan cara sederhana dan pastikan penempatannya sesuai.

Apa itu Desain Interior?

Sebelum membahas lebih lanjut, mari kita pahami dulu definisi berikut, desain interior adalah suatu proses menciptakan ruang-ruang fungsional dalam bangunan.

Tidak hanya bernilai seni semata, desain interior juga harus menyesuaikan kebutuhan suatu ruangan. Secara tidak langsung, hal tersebut dapat meningkatkan kualitas hidup penghuni rumah.

Terlepas dari style desain interior yang Anda pilih, pekerjaan ini tidak akan sempurna apabila tidak ditambahkan sekumpulan aksen dan titik fokus yang ingin ditonjolkan.

Oleh karena itu, diperlukan beberapa strategi, meski dengan biaya minim sekalipun. Berikut solusi kreatif untuk menciptakan desain interior ruang tamu sederhana namun tetap ideal.

1. Pemilihan Warna

perpaduan warna

amazon.com

Sebagaimana yang sudah kami singgung dalam cat warna rumah minimalis. Anda bisa menggunakan cakram warna agar tetap lebih leluasa dalam mengatur selera warna.

Pastikan warna cat yang Anda pilih menyatu dengan warna-warna perabotan interior Anda. Sebagai pilihan alternatif, Anda dapat menggunakan warna-warna netral, seperti abu-abu muda, krem atau beige.

Warna-warna netral diyakini dapat menciptakan nuansa mewah dan nyaman. Sehingga sangat ideal untuk kenyaman interior ruang tamu Anda meskipun memiliki perabotan beraneka warna. Maka dari itu memilih furniture untuk interior ruang tamu juga perlu anda perhatikan.

Namun, jika Anda masih belum menemukan warna apa yang tepat untuk kondisi ruangan rumah Anda. Maka Anda dapat BERKONSULTASI GRATIS dengan tim arsitek profesional di halaman kontak kami.

2. Memajang Galeri Foto Keluarga

decoist.com

Hal sederhana yang bisa Anda lakukan untuk menonjolkan karakter rumah Anda yaitu memajang foto-foto berbingkai. Usahakan untuk memilih foto yang instagram-able atau benar-benar dari kamera beresolusi tinggi.

Tiap-tiap foto pun harusnya memiliki tema tertentu. Misal, momen saat wisuda, pernikahan, kelulusan atau liburan keluarga. Penataan foto pada rak juga harus Anda perhatikan, pastikan setiap foto berjajar rapi sesuai tema masing-masing.

3. Tumpukan Bantal

Bosan dengan desain ruang tamu yang itu-itu saja? Tenang, masih ada setumpuk bantal sofa yang bisa Anda maksimalkan manfaatnya. Seperti biasa, gunakan bantal sofa yang empuk dan nyaman. Kemudian gunakan sarung bantal dengan motif atau tulisan seunik mungkin.

Tujuannya adalah agar pengunjung atau tamu merasakan nuansa berbeda, tidak sama dengan ruang tamu pada umumnya. Oh iya, penataan bantal sofa usahakan semenarik mungkin. Seperti contoh di bawah ini.

aliexpress.com

4. Gunakan Rak Buku

desainrumahnya.com

Jangan sampai koleksi buku Anda nganggur selepas Anda membaca. Ada baiknya jika Anda menempatkan rak buku pada desain interior ruang tamu.

Selain menghemat tempat, menggunakan rak buku bisa juga sebagai pembatas antar ruang tamu dan ruang lainnya. Tumpukan buku dengan ciri khas sampul berwarna cerah akan terlihat lebih menarik.

5. Menambahkan Tanaman pada Desain Interior Ruang Tamu

pinterest.com

Cara sederhana namun ideal dalam menghidupkan ruangan tamu yakni dengan menambahkan tanaman atau bunga. Gunakan vas dengan bentuk unik meskipun bunga yang ditanam biasa-biasa saja. Atau bisa juga sebaliknya. Cukup sesuaikan

 

Related Posts

ADA PERTANYAAN, KONSULTASI ATAU JOB ORDER?KLIK DISINI
+ +