4 Desain Ruang Belajar Bagus Agar Anak Jadi Lebih Fokus

Seperti halnya orang dewasa yang bekerja freelance di rumah, anak-anak juga membutuhkan konsentrasi penuh saat belajar. Khususnya jika jadwal ujian nasional semakin hari semakin dekat,

Anda sebagai orang tua tentu harus mendukung semangat mereka dalam belajar. Salah satu bentuk dukungan tersebut diantaranya yaitu memberikan ruang belajar kondusif dan nyaman.

Sejatinya ruang belajar anak bukan hanya berfungsi untuk belajar. Lebih dari itu, mereka juga harus memiliki ruangan pendukung daya imajinasi sekaligus berkreasi.

Lalu, seperti apakah desain ruang belajar yang ideal untuk anak. Ingin tahu selengkapnya? Baca ulasan berikut.

Meja khas Retro

Seluruh hal-hal berbau retro, salah satunya adalah vintage nyaris tidak pernah dianggap ketinggalan jaman. Penerapannya pun mudah, cukup gunakan meja atau kursi lama di rumah Anda. Meskipun menggunakan barang lama, namun juga harus memperhatikan tingkat keawetannya.

Jangan lupa untuk memberikan wallpaper di atas meja, sekaligus rak penympan barang untuk menciptakan kesan modern. Karena ruang yang akan dibangun adalah ruang belajar untuk anak, maka usahakan untuk memilih warna-warna cerah.

Khususnya di bagian tirai atau karpet ruang belajar (jika ada). Agar lebih memacu semangat mereka, cobalah untuk memajang sederet hasil karya anak Anda dengan memanfaatkan tali tepat di bagian atas meja.

Desain Ruang Belajar Full-Color


Jika anak Anda punya bakat dalam bidang menggambar atau mewarnai, ada baiknya Anda menerapkan desain full-color dalam ruang belajar.

Kata full-color dalam subjudul di atas bukan berarti Anda harus mengecat seluruh bagian kamar dengan warna berbeda. Cukup, tambahkan ornamen-ornamen bewarna cerah, seperti keranjang kayu misalnya.

Agar lebih merarik, tempelkan beberapa stiker papan tulis pada salah satu dinding. Bisa juga dengan menempelkan catatan berupa tugas-tugas penting dan lain sebagainya.

Desain Ruang Belajar ala Scandinavian

Tak dapat dipungkiri, jika gaya Scandinavian menjadi tren kekinian dalam seni interior rumah. Tak terkecuali dengan desain ruang belajar masa kini. Gaya Scandivanian dikenal dengan warnanya yang netral, seperti hitam putih.

Selain itu, gaya ini juga lebih mengutamakan pada efektifitas ruangan. Sehingga meja belajar yang digunakan cenderung berukuran kecil alias minimalis. Cukup simple dan mudah untuk Anda terapkan.

Desain Ruang Belajar ala Monokrom

Berlawanan dengan full-color, desain ruang belajar ala monokrom justru menggunakan warna hitam dan putih. Nyaris sama dengan Gaya Scandinavian.

Gaya monokrom bukanlah style kuno. Namun, hal ini adalah bagian dari konsistensi si pemilik ruangan dalam mendesain area tersebut dengan warna-warna monokrom.

Berikan meja belajar dan kursi berwarna putih. Tujuannya adalah agar ruangan tidak terasa gelap dan Anak jadi tidak mudah mengantuk. Jangan lupa untuk memberi elemen pendukung, seperti lampu warna putih yang membentuk banyak bintang di dinding.

 

 

Konsultasi Ruang Belajar Anak

Ajukan permasalahan Anda melalui KONSULTASI GRATIS dengan jasa kontraktor Surabaya-Sidoarjo di halaman kontak kami.

Related Posts