Desain Rumah Bergelar Internasional Ini Ternyata Karya Arsitek Indonesia

Splow-house, itulah singkatan dari Split-Grow House. Rumah ini adalah salah satu karya milik Delution Arsitek. Splow house terletak di daerah Tebet, Jakarta Selatan.

Dibangun dengan budget terbatas, rumah ini dituntut untuk mampu menciptakan ruang nyaman dan estetik bagi para penghuninya. Meskipun luas keseluruhan hanya 120 meter persegi, dengan lebar 6 meter dan panjang 15 meter.

Splow-house dirancang sesuai dengan intensitas cahaya yang cukup. Didukung pula dengan sistem sirkulasi udara yang baik dan lancar. Sehingga hal itu akan berdampak pada penghematan energi, seperti lampu dan pendingin ruangan.

Splow-house tidak begitu luas, karena dibangun dengan budget terbatas. Akan tetapi, pemilik rumah tetap masih bisa melakukan penambahan ruang di lain waktu, selama masih ada budget lebih.

furnizing.com

Sekilas ada dua lantai, namun ada tiga tingkat di dalamnya. Inilah konsep split yang disebut sebagai mezanin, yakni tiap lantai dihitung sebagai setengah.

Setiap lantai dari rumah Splow-house masing-masing telah terhubung pada tangga. Sementara itu, void diletakkan untuk menjadi sumber sikulasi udara dan pencahayaan alami. Dari setiap void ini pula, penghuni bisa saling berkomunikasi dengan lantai satu dengan yang lain.

furnizing.com

Di bagian lantai pertama mezanin, ada sebuah ruang dapur yang juga dilengkapi dengan ruang makan. Kamar tidur tamu beserta kamar mandi pun juga terhubung dalam ruang tersebut.

Ruangan dapur Splow-house menggunakan desain ubin marmer berwarna abu-abu. Untuk furniture, rumah ini lebih menonjolkan kesan material lightwood. Dinding Splow-house lebih didominasi dengan warna putih agar pencahayaan matahari maupun lampu bisa dimaksimalkan.

furnizing.com

Keunikan lain yang ada di ruang makan ini terletak pada beberapa furniture yang digunakan, seperti meja makan lipat misalnya. Dengan meja ini penghuni dapat memaksimalkan ukuran panjangnya sesuai kebutuhan.

Ditambah lagi dengan adanya rak penyimpanan di sisi kiri tangga dan anak tangganya.Nah loh! Siapa sangka jika anak tangga yang berasal dari beton itu ternyata bisa ditarik dan menjadi rak penyimpanan barang.

furnizing.com

Bagi Anda yang penasaran dan coba-coba datang ke Splow-house untuk pertama kalinya, mungkin Anda akan disuguhkan di lantai mezanin kedua terlebih dahulu. Selain untuk ruang tamu, biasanya juga digunakan sebagai ruang baca, khususnya di sudut ruangan dekat rak buku

Berlanjut di lantai ketiga, kamar tidur anak beserta kamar mandinya bisa Anda temukan disini. Terdapat koridor pula di bagian pintu depan kamar. Sehingga Anda bisa bersantai sejenak, sembari mengamati bidang-bidang arsitektur apa saja yang dapat menjadi inspirasi bangun rumah Anda.

To be continue…

5
Tags:

Related Posts

ADA PERTANYAAN, KONSULTASI ATAU JOB ORDER?KLIK DISINI
+ +