Hijaukan Lahan Sempitmu Dengan Taman Minimalis

“Apa pengertian dari taman?”

“Taman apa yang cocok untuk dibangun dirumah yang memiliki lahan sempit?”

Bermain main maupun bersantai di taman merupakan hal yang menyenangkan bagi semua orang, dari anak-anak hingga orang dewasa. Namun apa pengertian taman?
“Taman adalah area dimana banyak tumbuhan ditanam.”
“Taman adalah tempat yang berisikan area bermain dan banyak bunga.”
Semua opini dari pengertian tentang taman ini sudah benar.

Bersenang-senang ditaman luar rumah atau ditengah kota memang mengsyikkan, Namun pernakah anda berpikir untuk membuat taman sendiri dilahan rumah yang sempit?

Bila rumah sederhana disebut rumah minimalis, kenapa tidak membuat taman yang hanya membutuhkan lahan sempit yang disebut taman minimalis?
Pada kesempatan ini Bisesa Group akan menjelaskan tentang definisi umum, fungsi, dan ciri dari taman minimalis

Definisi Umum Taman Minimalis

Mungkin kalian bertanya-tanya “Apakah bisa membuat taman dengan sisa lahan rumah yang minim?”

Sangat bisa, taman yang minimalis jawabannya. Mengapa demikian, itu karena taman yang minimalis cirinya tidak membutuhkan lahan yang besar, cukup lahan sisa yang disisakan pada rumah minimalis pada umumnya.

Taman ini disesuaikan bentuk rumah minimalis lainnya. Taman ini tidak diukur dari banyaknya dekorasi, jadi jangan terlalu banyak menanam tanaman agar taman ini tidak terlepas dari kata minimalis.

Dengan sedikitnya tamanan, taman ini terlihat bersih, rapi, dan sejuk. Jadi bisa disimpulkan bahwa taman minimalis adalah taman berukuran minimalis dengan dekorasi minim yang diselaraskan dengan desain rumahnya sehingga terciptanya lingkungan yang bernuansa sejuk dan indah walaupun dengan lahan sisa sekalipun.

Macam-macam dan Ragam Taman Minimalis

Taman minimalis dibagi menjadi 2 yaitu Taman Minimalis Barat dan Timur. Perbedaannya terletak pada unsur unsurnya. Taman minimalis barat berunsurkan pada fungsional taman bukan pada dekoratifnya, sedangkan pada taman minimalis timur lebih mengarah pada kedamaian yang menimbulkan perasaan tenang, damai, dan nyaman walaupun dengan lahan terbatas.
Taman minimalis memiliki ragam yang bisa disesuaikan dengan desain rumah dan tema taman. Diantaranya:

  • Taman Apotik, seperti taman toga yang bisa kita temukan diperumahan kota
  • Taman Air, seperti bambu air, lotus, teratai, dan lain sebagainya
  • Taman Aroma, seperti bunga sedap malam, melati, dan lain sebagainya
  • Taman Rempah, ya tanaman yang menghasilkan bumbu masakan

Ciri dan Fungsi Penting Taman Minimalis di Lahan Sisa

Urusan mengenal ciri dan fungsi taman minimalis merupakan hal paling penting. Bisa saja ciri taman ini ditukar atau dicampur adukkan dengan ciri taman lain dan fungsi nya yang disalah artikan oleh orang orang yang mengerti dari sumber yang salah.

Ciri-ciri taman minimalis ini ialah tanaman yang ditanam diatas hamparan rumput hijau yang sempit atau lebih baik ditanam diatas batu koral berwarna hitam atau putih dan pasir putih sebagai ground cover agar kesan art ditaman itu tersampaikan. Sedangkan fungsi dari taman ini adalah sebagai pemasok Oxigen.

Setelah tanaman tanaman itu berfotosintesis semua orang yang berada didalam rumah Anda akan merasa sejuk karena tersupply-nya Oxigen. Sangat menguntungkan apabila Anda tinggal di tengah-tengah kota yang jarang terdapat taman atau sedikit pepohonan, atau mungkin rumah kalian dekat pabrik. Wah, tamanan bisa sangat cocok sekali dan sangat menguntungkan untuk Anda apabila memiliki rumah hunian dikawasan seperti itu.

Just info buat kalian, Taman minimalis ini sudah lama diterapkan di 2 kota besar di Indonesia, yaitu Jakarta dan Bandung. Jadi tunggu apalagi untuk membuat taman di lahan sempit rumah kalian.
Kesimpulannya, taman yang minimalis ini tidak membutuhkan lahan yang luas, cocok untuk rumah yang memiliki sisa lahan yang sempit. Di lain hal yaitu fungsinya yang menyejukkan, dekoratif, serta memasok Oxygen secara langsung.

Baca juga: Tips Ubah Halaman Belakang Sempit Menjadi Taman Rumah Yang Sejuk

Jadi buat rumah anda lebih hijau dengan membuat taman minimalis ini dirumah kalian dan selalu ingat untuk merawatnya.
Itulah artikel informatif yang bisa kami bagikan. Dengan adanya artikel ini kami harap bisa menjadi referensi buat Anda sehingga Anda bisa menerapkannya dirumah Anda.

Related Posts