Tips Menghemat Biaya Renovasi Rumah Agar Lebih Efisien

Renovasi rumah biasanya memerlukan anggaran yang tidaklah sedikit. Terlebih jika biaya yang yang dikeluarkan pun bisa jadi melebihi dari ketentuan yang telah direncanakan. Oleh karena itu, pengetahuan terkait cara merenovasi rumah sangatlah penting. Hal ini akan berdampak pada biaya yang dianggarkan dapat terserap secara efektif saat proses renovasi rumah dilakukan.

Pengetahuan tentang renovasi rumah bisa berasal kebiasaan yang dulu pernah dilakukan. Adapun juga tentang pengetahuan dasar-dasar renovasi seperti kedisiplinan dalam mengeksekusi dan lain sebagainya. Apabila terjadi kendala, maka harus segera dilaksanakan evaluasi.

1. Tentukan Skala Prioritas Renovasi

Membangun Rumah Sederhana Dengan Biaya Murah adalah harapan setiap orang. Apabila Anda hanya sekedar mengikuti pendapat pribadi atau rekomendasi dari tukang, bisa jadi renovasi rumah hanya setengah bagiannya saja yang rampung namun dana yang dianggarkan telah habis.

Inilah pentingnya menentukan skala prioritas saat melaksanakan renovasi rumah. Misal, jika tujuan Anda hanya untuk membuat satu kamar tidur untuk anak, maka tentukan sesuai rencana.

Godaan seringkali ada tatkala Anda menginginkan beragam renovasi lainnya, seperti menambah meja belajar, buffet kecil, wallpaper dinding dengan nuansa anak-anak dan lain sebagainya.

Bila Anda sulit fokus dengan skala prioritas, bukan tidak mungkin jika anggaran yang dikeluarkan akan terus menerus melebar. Sementara budget yang Anda miliki masih saja terbatas.

2. Ketahui Rumus Dasar Anggaran Renovasi Rumah

Sebenarnya banyak sekali cara yang bisa diaplikasikan dalam menghitung budget renovasi, salah satunya adalah dengan mengecek kembali data anggaran biaya renovasi yang dulu pernah dilakukan. Cobalah untuk memeriksa secara satu persatu sehingga menjadi sebuah bahan perbandingan.

Gunakan cara yang paling efisien. Perhitungan rinci dilakukan dengan cara menghitung volume serta beberapa harga dari total pekerjaan yang harus dilaksanakan. Kemudian dilajutkan dengan menyusun semua komponen pekerjaan. Mulai dari tahap awal pembangunan hingga tahap akhir pekerjaan.

Jika Anda adalah orang yang termasuk disiplin dalam menuntaskan hal tersebut, maka nilai bangunan yang Anda dapatkan menjadi lebih maksimal meskipun dengan anggaran yang terbatas.

3. Hitung dan Tentukan Rancangan Pengeluaran

Perhitungan biaya bisa Anda kerjakan sendiri (seperti panduan di atas). Namun apabila Anda masih belum puas, maka Anda juga dapat berkonsultasi secara gratis pada jasa renovasi rumah terpercaya di kota Anda.

Tentukan pula Rencara Anggaran Biaya (RAB) yang harus sesuai dengan jenis material maupun komponen yang akan digunakan. Misal, cara menghitung ukuran komponen beton, Anda bisa tentukan dengan cara membuat perhitungan volume secara satuan isi (m3). Lalu kalikan dengan harga satuan per meter kubik (m3) yang disusun sesuai analisa penggunaan material per meter kubik atau Rp/m3.

 

 

Rumah Anda bermasalah?

Ajukan permasalahan Anda melalui KONSULTASI GRATIS bersama tim teknis jasa renovasi rumah kami di halaman kontak kami.

Related Posts

ADA PERTANYAAN, KONSULTASI ATAU JOB ORDER?KLIK DISINI
+ +