4 Tips Agar Anda Tak Salah Pilih Arsitek

Bangunan merupakan investasi jangka panjang yang dinilai meyakinkan hingga saat ini. Bukan hanya sebagi aset bisnis semata, bahkan bangunan yang mewah pun bisa menjadi kebanggaan tersendiri. Terlebih jika bangunan itu memiliki nilai seni tinggi.

Namun, sebelum Anda mulai membangun atau merenovasi bangunan, ada baiknya jika Anda menggunakan jasa seorang arsitek berpengalaman untuk mempermudah memperoleh desain sesuai kebutuhan.

Tidak hanya terlihat indah nan estetik, bangunan yang didesain pun akan berfungsi secara efisien dan berjalan dengan baik. Hal tersebut juga mengurangi Anda dari resiko bahaya sewaktu-waktu apabila terjadi di kemudian hari.

Seiring berjalannya waktu dengan adanya perkembangan teknologi, mencari jasa arsitek bukanlah sesuatu yang sulit untuk saat ini. Anda hanya cukup membuka laptop atau HP, lalu mulai mengetikkan keyword “jasa arsitek” di kolom pencarian Google. Hasilnya, Anda akan menemukan beragam arsitek dengan ciri khas dan latar belakang yang berbeda.

Pastikan jika arsitek yang Anda pilih benar-benar meyakinkan keahliannya. Jika salah, bisa-bisa rumah Anda jadi bermasalah. Biaya makin membengkak, bangunan malah tak kunjung selesai.

Berikut ini beberapa tips yang harus Anda perhatikan sebelum meng-hire jasa arsitek.

1. Amati Portofolionya

Semua arsitek handal pastinya tak lepas dari preview hasil pekerjaannya alias portofolio. Tiap-tiap arsitek memiliki kapasitas yang berbeda-beda. Semakin banyak jam terbang, semakin banyak pula ide pula yang dihasilkan. Tentunya hal tersebut akan berdampak pada kuantitas dan kualitas desain yang dihasilkan seorang arsitek.

Cara mengamati arsitek bisa dilihat dari bagaimana bentuk-bentuk bangunan yang pernah mereka kerjakan. Jika Anda ingin mencari arsitek untuk bangunan perkantoran, maka pilihlah arsitek yang benar-benar sudah berpengalaman membangun konstruksi perkantoran.

Akan tetapi jika Anda belum menemukan satu pun contoh bangunan perkantoran dari halaman portfolionya, bisa jadi arsitek itu belum tepat untuk Anda. Sama halnya apabila membangun bangunan yang lain, dan begitu seterusnya.

2. Ketahui Kepribadiannya

Jika Anda sudah cocok dan yakin dengan hasil portofolio, maka langkah selanjutnya yakni menemui secara langsung. Ini bertujuan agar Anda dapat berkonsultasi secara leluasa, sekaligus mengetahui kepribadian mereka.

Apakah mereka orang pendiam atau supel? Tipe serius atau suka bercanda? Dan lain sebagainya. Karakter arsitek yang cocok dengan kepribadian Anda bisa jadi dapat memudahkan Anda dalam hal berkonsultasi.

Karena arsitek bukanlah tukang ledeng yang hanya dipekerjakan selama sehari dua hari, bahkan bisa berlanjut berbulan-bulan atau bertahun-tahun. Untuk itu, usahakan memilhi arsitek yang dapat memudahkan Anda untuk bertukar pikiran.

3. Lihatlah Testimoni Klien Sebelumnya

Jangan langsung percaya dengan kualitas arsitek sebelum Anda melihat terlebih dahulu beberapa testimoni dari para klien sebelumnya. Amati juga berapa banyak klien yang puas dengan hasil seorang arsitek tersebut. Misal dengan melihat hasil portofolio-nya

Jika Anda masih ragu dengan keaslian halaman testimoni mereka, maka klarifikasi secara langsung kepada klien sebelumnya. Syukur-syukur jika Anda sudah mengenal klien mereka sebelumnya. Jika tidak, Anda bisa menanyakannya langsung kepada arsitek.

4. Tanyakan Secara Detail Cara Pengerjaannya

Setiap arsitek memiliki cara kerja yang hampir berbeda-beda. Tanyakan secara detail terkait bagaimana ia bekerja, mulai dari apa, kemampuan apa saja yang ia lakukan, kapan deadline-nya sampai menuju ke pertanyaan paling penting, yakni berapa fee yang harus dikeluarkan.

Kebanyakan para arsitek akan berinisiatif memberikan penawaran fee. Tak ketinggalan pula didalamnya terdapat tahapan-tahapan pekerjaan secara lengkap kepada Anda. Jangan lupa mempelajari hal-hal penting dalam penawaran tersebut.

Bila Anda kurang paham, maka tanyakan. Jika dalam penawaran tersebut harganya cocok, maka segera lakukan perjanjian kontrak agar perencanaan bangunan Anda dapat selesai sesuai target.

Oleh karena itu, pilihlah arsitek berpengalaman. Salah satunya yakni dengan memilih arsitek BISESA. Segera konsultasikan desain impian bangunan Anda secara GRATIS melalui halaman kontak kami.

Related Posts

ADA PERTANYAAN, KONSULTASI ATAU JOB ORDER?KLIK DISINI
+ +